|
PEMERINTAH KOTA
BOGOR
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 BOGOR
BIDANG STUDI
KEAHLIAN :
TEKNOLOGI DAN REKAYASA &TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Jl.
Pangeran Sogiri No. 404 Tanah Baru Telp/Fax (0251) 8652085 Kota Bogor – Kode Pos
16154
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Teknik
Listrik Dasar Otomotif
Materi Pokok : Fungsi dan Konstruksi Baterai
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan indikator
3.1
Menerangkan fungsi dan konstruksi baterai
Indikator pencapaian kompetensi:
Siswa dapat memahami dan menyajikan
data hasil analisis
berdasarkan pengamatan tentang fungsi dan konstruksi baterai
4.1 Menggunakan dan merawat baterai
Indikator:
Siswa dapat melakukan pengamatan baterai secara
visual dan dan menganalisa hasil pengamatannya
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Menjelaskan
tentang fungsi, tipe-tipe baterai, dan komponen-komponen yang terdapat pada
baterai
2.
Menjelaskan
tentang perawatan baterai melalui hasil pemeriksaan secara visual
D. Materi
Ajar
1. Fungsi
baterai
2. Identifikasi
tipe-tipe baterai.
3. Konstruksi
baterai basah
4. Konstruksi
baterai kering
5. Cara
kerja baterai
6. Reaksi
kimia pada baterai
E. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : pendekatan
saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran :
pembelajaran koperatif (cooperative learning)
dengan
menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2.
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari
3.
mengantarkan peserta
didik kepada suatu
permasalahan atau tugas yang
akan dilakukan untuk
mempelajari fungsi dan konstruksi baterai
4.
menjelaskan tujuan
pembelajaran yaitu Menjelaskan fungsi
dan konstruksi baterai serta dapat melakukan pengamatan secara visual
terhadap kondisi baterai
5.
menyampaikan garis
besar cakupan materi
dan menjelaskan
tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta
didik untuk menyelesaikan
permasalahan atau tugas.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
Tayangan
atau simulsi terkait materi pokok fungsi baterai dan konstruksi baterai
Menanya
Mengajukan
pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan
dengan fungsi baterai dan konstruksi baterai
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan konstruksi dan fungsi komponen-komponen baterai
·
Menganalisis
reaksi
kimia yang terjadi pada saat penggunaan baterai dan pengisian baterai
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang konstruksi dan fungsi baterai
Mengkomunikasikan
Menerapkan
teknik pemeriksaan dan perawatan
baterai
|
160 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta
menyimpulkan tentang fungsi dan konstruksi baterai
2.
Guru
memberikan tugas untuk mencari materi dan memahaminya secara mandiri untuk bahasan
pada pertemuan berikutnya yaitu tentang pengisian baterai
3.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
1. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
Alat dan Bahan:
a. White
board
b. Spidol
c. Baterai basah dan baterai kering
d. Mistar baja
Media:
a.
Bahan tayang berupa File
presentasi powerpoint
b.
PC/Laptop
c. Infocus
Sumber Belajar:
Sumber Belajar:
a. Buku Perawatan baterai
b. CD modul inetraktif pembelajaran tentang dasar listrik
dan baterai
2. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan diskusi
b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menjelaskan kembali tentang fungsi baterai dan konstruksi
baterai
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan:
melakukan
pengamatan baterai secara visual dan menganalisa kondisi kerusakan baterai
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan
saat pelaksanaan
diskusi
|
Lembar Pengamatan
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||
Kerjasama
|
Mengungkapkan
pendapat
|
Kreatifitas
|
Menghargai Pendapat
|
Kepemimpinan
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Masing masing kolom aspek penilaian diisi dengan kriteria :
A = 80 – 100 = Baik sekali
B = 70 – 79 = baik
C = 60 – 69 = Cukup
D = < 60 = Kurang
3. Instrumen Penilaian Hasil
belajar
Tes tertulis
1.
Jelaskan fungsi baterai
pada kendaraan !
a. Saat
mesin mati
b. Saat
mesin hidup
c. Saat
starter
2. Sebutkan keuntungan dan
kerugian aki basah!
3.
Sebutkan komponen-komponen
pada baterai !
4. Jelaskan kode pada baterai
di bawah ini:
a.
NS 40 ZLS
b.
NS 40
c.
N 40
d.
55533
e.
60038
5.
Mengapa saat baterai mengeluarkan arus berat jenis elektrolit
akan berkurang ?
Rubrik Penilaian
No
|
Kunci Jawaban
|
Tingkat Kesulitan
|
Skor
|
1
|
a. Sebagai sumber energi untuk
menghidupkan asessoris, penerangan, dsb.
b. Untuk mengidupkan sistem starter dan memberikan arus ke sistem
pengapian
c. Membuat stabil tegangan pada
sistem kelistrikan
|
sulit
|
30
|
2
|
Kerugian
a. Wajib memeriksa ketinggian air accu secara berkala
b. Memiliki tingkat Self-Discharge paling besar (0.8-1.0%
volume/day).
Keuntungan
b.
Harga relatif lebih murah
|
sedang
|
20
|
3
|
a.
Kotak baterai
b.
Tutup baterai
c.
Sel baterai
d.
Separator
e. Pos terminal
|
mudah
|
10
|
4
|
a.
Baterai mempunyai daya: 40Ah – 20% + 10% = 35 Ah
dengan pole sebelah kiri
b.
Baterai mempunyai daya 32 Ah
c.
Baterai mempunyai daya 40 Ah
d.
Baterai mempunyai daya 055Ah
e. Baterai
mempunyai
daya 100Ah
|
sulit
|
25
|
5
|
Karena akibat dari
reaksi kimia sehingga konsentrasi asam sulfat (H2SO4) sangat rendah dan
hampir semua cairan elektrolit hanya terdiri dari air (H2O), akibatnya berat jenis
cairan menurun menjadi sekitar 1,1 kg/dm3 dan ini mendekati berat jenis air
yang 1 kg/dm3
|
sedang
|
15
|
Total
|
|
100
|
Perhitungan nilai :
Tes keterampilan
Identifikasilah
baterai yang ada di workshop otomotif, dan isikan hasil pengamatan anda kedalam
lembar pengamatan berikut!
No
|
Pengamatan
|
Baterai
A
|
Baterai
B
|
1
|
Merk Baterai
|
|
|
2
|
Dimensi
Baterai
a.
Panjang
b.
Lebar
c.
Tingggi
|
|
|
3
|
Posisi
Terminal
|
|
|
4
|
Kode Baterai
|
|
|
5
|
Kode
lain:
a.
AH
b.
Kapasitas
|
|
|
6
|
Kotak
|
|
|
7
|
Terminal
|
|
|
8
|
Jumlah
elektrolit
|
|
|
9
|
Sumbat/tutup
|
|
|
Rubrik Penilaian
Keterampilan
Nama Siswa :
Mata Pelajaran :
No
|
Aspek keterampilan yang di amati
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Siswa
dapat melakukan pengamatan dengan cermat
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa dapat
melakukan penafsiran pada kegiatan tersebut
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa
dapat melakukan tindakan perbaikan dan pencegahan terhadap kerusakan baterai
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa dapat
melakuakan komunikasi tertulis dengan membuat laporan tertulis dengan format
yang benar
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Berikan tanda checklist(√) di dalam
kolom skor dengan ketentuan :
4= Sangat tepat = nilai 100
3= Tepat = nilai
75
2= Tidak Tepat = nilai 50
1= Sangat tidak tepat = nilai 25
Bogor,
1 Maret 2013
Guru
Mata Pelajaran,
Andri Gunata Tasman, S.Pd, Gr
NIP. 19890113 201401 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar