ABSTRAK
Andri G. T. 2011. Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Bengkel Engine Otomotif dengan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Diklat Sistem Bahan Bakar Bensin Kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok.
Penelitian ini
berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik
Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 2 Solok. Rendahnya hasil belajar pada
mata diklat sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan
SMK Negeri 2 Solok, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Ketersediaan
fasilitas bengkel dan pengelolaannya oleh sekolah akan menimbulkan berbagai
persepsi oleh siswa. Persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif tersebut adalah salah
satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam
mengikuti pelajaran. Fasilitas bengkel praktik yang lengkap akan memperlancar
proses belajar praktikum dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat
gejala yang ditimbulkan oleh persepsi siswa tentang fasilitas bengkel praktik
dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan
hipotesis. Adapun hipotesis yang
diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat
hubungan persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem
bahan bakar bensin kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok”.
Penelitian ini
bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem
bahan bakar bensin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok yang berjumlah 74 orang. Sampel
dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 44 orang yang ditentukan
dengan menggunakan rumus Slovin. Data persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif diperoleh dari
penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan
valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan
tanggal 21 Mei 2011 pada populasi yang berada di luar sampel penelitian. Sedangkan
data hasil belajar mata diklat sistem bahan bakar bensin diperoleh dari nilai rapor
semester ganjil TA 2010-2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM)
dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan
mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat
digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis
data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,6546 > 0,297) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel
(5,6115 > 1,6827) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif dengan hasil belajar
siswa pada mata diklat sistem bahan bakar bensin kelas XI Teknik Kendaraan
Ringan SMK Negeri 2 Solok.
Semoga bermanfaat ya :) :)
BalasHapus