Kamis, 11 September 2014

Contoh Penulisan Abstrak Pada Penulisan Skripsi



ABSTRAK
Andri G. T. 2011.    Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Bengkel Engine Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Bahan Bakar Bensin Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok.
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 2 Solok. Rendahnya hasil belajar pada mata diklat sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Ketersediaan fasilitas bengkel dan pengelolaannya oleh sekolah akan menimbulkan berbagai persepsi oleh siswa. Persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif tersebut adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Fasilitas bengkel praktik yang lengkap akan memperlancar proses belajar praktikum dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh persepsi siswa tentang fasilitas bengkel praktik dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem bahan bakar bensin kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem bahan bakar bensin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok yang berjumlah 74 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 44 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan tanggal 21 Mei 2011 pada populasi yang berada di luar sampel penelitian. Sedangkan data hasil belajar mata diklat sistem bahan bakar bensin diperoleh dari nilai rapor semester ganjil TA 2010-2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,6546 > 0,297) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (5,6115 > 1,6827) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel engine otomotif dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem bahan bakar bensin kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok.

1 komentar: